Jakarta Menuju Kota Global: Disparekraf DKI Promosikan “Jakarta NICE for MICE” di Empat Negara

Nasional239 Dilihat
banner 468x60

EDISINEWS.ID | JAKARTA  –  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) meluncurkan program promosi “Jakarta NICE for MICE” dalam upaya terus meningkatkan kuantitas dan kualitas event Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) di Jakarta, serta memperkuat posisinya sebagai destinasi utama bisnis internasional.

Pada tahun 2024, Disparekraf DKI Jakarta melaksanakan kampanye promosi “Jakarta NICE for MICE” di empat negara dengan volume kunjungan wisatawan terbesar ke Jakarta. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran internasional dan menarik lebih banyak wisatawan bisnis ke Indonesia, khususnya Jakarta.

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan bahwa promosi ini dilakukan melalui pemasangan iklan di media luar ruang di negara-negara 10 besar wisatawan mancanegara ke Jakarta, yakni Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Dengan demikian, Jakarta terus dikenal top of mind sebagai destinasi bisnis global.

Baca Juga :  Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis, Ribuan Pemudik Memadati Monas

“Kami fokus mempromosikan Jakarta sebagai tujuan MICE utama dunia melalui kampanye Jakarta NICE for MICE. Pada tahun 2024, promosi ini dilakukan melalui 68 layar videotron dan digital screen yang tersebar di sembilan lokasi strategis selama 2-3 bulan di empat negara Asia tersebut,” ujar Andhika Permata.

Helma Dahlia, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menambahkan bahwa selain promosi di media luar ruang luar negeri, Jakarta juga gencar berpromosi dengan berpartisipasi pada bursa pariwisata internasional, aktif dalam keanggotaan kepariwisataan internasional serta promosi pariwisata melalui berbagai kanal media digital, seperti Over-The-Top (OTT), sosial media, Online Travel Agent (OTA), media cetak di inflight magazine, lifestyle, tourism, digital, serta pengenalan wisata kepada KOL dunia melalui familiarization trip.

Baca Juga :  Yuk Cek Kemudahan Bagi Peserta JKN

“Kami ingin memperkenalkan Jakarta lebih jauh lagi sebagai tujuan MICE yang dapat menawarkan pengalaman unik dan memuaskan bagi wisatawan bisnis dari seluruh dunia,” kata Helma Dahlia.

Promosi “Jakarta NICE for MICE” dilakukan selama tiga bulan, dari  Agustus hingga  November 2024. Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf, yang bertanggung jawab atas kegiatan promosi ini, menjelaskan bahwa iklan ini tersebar di berbagai titik strategis di empat negara tersebut, yakni Shibuya sebanyak 7 layar dan Shinjuku sebanyak 2 layar, Korea Selatan di Gangnam-daero, Myeongdong, dan Cheonggyecheon-ro (3 layar), Singapura di Bugis Street, 313@Somerset, Jewel Changi Airport sebanyak 27 layar, Malaysia di Bukit Bintang, KL Sentral sebanyak 28 layar.

Baca Juga :  Puncak Peringatan HPN 2025 di Riau, Menkomdigi: Momen Merayakan Keberanian, Integritas, dan Semangat Juang

“Promosi ini ditargetkan di Lokasi dengan traffic tinggi, terutama tujuan wisatawan mancanegara seperti di destinasi wisata dan airport untuk meningkatkan visibilitas Jakarta di kalangan pelaku bisnis internasional, sehingga mereka mempertimbangkan Jakarta sebagai destinasi MICE utama,” tutup Lucky Wulandari, selaku Ketua Subkelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri.

Penulis : Hombing

banner 336x280

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *